Review produk perusahaan IT yang inovasinya memberi pengaruh yang signifikan bagi masyarakat
Inovasi
Pengertian
Inovasi adalah alat spesifik bagi perusahaan dimana dengan inovasi dapat mengeksplorasi atau memanfaatkan perubahan yang terjadi sebagai sebuah kesempatan untuk menjalankan suatu bisnis yang berbeda. Inovasi yaitu perubahan metode atau teknologi bersifat positif yang berguna dan berangkat dari cara-cara yang sudah ada sebelumnya dalam melakukan sesuatu.
Tujuan
Inovasi secara umum adalah sesuatu bentuk kebutuhan yang ingin diwujudkan melalui kegiatan mengkontruksi pemikiran dengan diimplementasikan dalam tindakan nyata atau pekerjaan nyata untuk menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan harapan yang diinginkan. Sedangkan tujuan inovasi secara spesifik berdasarkan jenis profesi sebagai pengusaha adalah menciptakan suatu kondisi agar bidang usahanya dapat berkembang dengan baik.
Manfaat
Inovasi dapat meningkatan atau meningkatkan efiesiensi dari suatu sumber daya yang digunakan oleh penggunanya untuk menunjang suatu pekerjaan penggunanya. Inovasi sangat diperlukan diberbagai bidang yang ada seperti pendidikan, tranportasi, bisnis, pemerintahan dan sebagainya.
Review singkat perusahaan gojek
Gojek merupakan salah satu perusahaan teknologi karya anak bangsa dibidang transportasi online. Gojek didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010 di Jakarta. Kantor gojek berpusat di jalan iskandarsyah, Jakarta Selatan dan kantor cabang yang tersebar di berbagai kota di Indoesia. Gojek memiliki tiga pilar, yaitu: kecepatan, inovasi dan dampak sosial. Aplikasi gojek telah tersedia pada app store dan play store. Selain itu gojek juga telah berada diberbagai kota di Indonesia dan juga telah berkembang ke negara lain. Gojek dibuat dengan tujuan untuk melakukan inovasi dari ojek konvensional menjadi berbasis aplikasi dan juga terhubung ke internet. Masyarakat menyambut baik dengan kehadiran perusahaan teknologi ini, dengan adanya gojek memudahkan masyarakat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dan juga menjawab kekhawatiran masyarakat terhadap kriminalitas yang sering terjadi pada transportasi umum.
Pada awal
karirnya di tahun 2010 gojek belum berbasis aplikasi seperti saat ini dan hanya
memiliki 20 ojek serta 1 call center. Pada tahun 2015 gojek menemukan sebuah
inovasi untuk membuatkan gojek menjadi berbasis aplikasi untuk memudahkan semua
orang dan sejak saat itu terdapat kenaikan pesanan dari 3,000 per hari menjadi
10,000 perhari. Tidak hanya itu gojek pun mulai melakukan ekspansi ke luar kota
dan juga meliat peluang untuk ekspansi ke pesan antar makanan, penjualan tiket
dll. Tahun 2016 gojek menjadi perusahaan unicorn pertama di Indonesia yang
memiliki kenaikan pesanan menjadi 300,000 per hari serta lebih dari 30,000
teman difabel bergabung dengan gojek. Ditahun selanjutnya yaitu pada tahun 2017
gojek berada pada peringkat 17 diantara 20 perusahaan yang mengubah dunia versi
Fortune dengan salah satu pertumbuhan tercepat di dunia yaitu tumbuh 3,600x
lipat dalam 18 bulan. Perkembangan gojek di Indonesia dari tahun ke tahun cukup
signifikan dan akhirnya gojek mulai melakukan ekspansi ke Vietnam dan Thailand
pada tahun 2018. Di negara Vietnam dan Thailand pun perkembangan gojek cukup
berhasil dengan adanya kenaikan pesanan menjadi 100 juta per hari serta
transaksi terus tumbuh sampai 1,100x lipat. Tahun selanjutnya yaitu tahun 2019
gojek kembali mendapatkan penghargaan Fortune,s Favorite. Tidak hanya itu gojek
juga telah berhasil memiliki lebih dari 20 produk dan 2 juta mitra driver. Pada
tahun 2020 gojek menyatukan semua aplikasi gojek di Indonesia, Singapura,
Thailand dan Vietnam dan di tahun 2021 gojek bergabung dengan tokopedia dan
menjadi GoTo, perusahaan terbesar di Indonesia.
Di tahun 2021 perusahaan gojek telah banyak melakukan inovasi yang memudahkan semua masyarakat. Gojek telah membuat berbagai inovasi pada bidang transportasi & logistik, pembayaran, pesan makanan dan belanja, hiburan serta bisnis. Inovasi dibidang transportasi & logistik seperti goride yaitu layanan transportasi motor, gocar yaitu layanan mobil untuk memudahkan bepergian dengan keluarga atau teman, gosend yaitu layanan untuk mengantarkan paket dalam waktu yang cepat, gobox yaitu layanan untuk memudahkan ketika kita memindahkan barang yang cukup besar. Pada bidang pembayaran terdapat berbagai inovasi yang memudahkan kita melakukan pembayaran hingga donasi hanya dengan smartphone kita, inovasi dibidang pembayaran seperti gopay, gotagihan, gopaylater, gogive, gosure, goinvestasi dan gocorp. Selain itu gojek juga terdapat gofood, gomart, gomed dan goshop yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat melakukan pesan makanan atau belanja hanya dari rumah saja. Dibidang hiburan gojek juga tidak ketinggalan untuk membuat suatu inovasi yaitu goplay untuk nonton tayangan eksklusif dari Goplay dan gotix untuk membeli tiket tanpa harus datang ke tempat serta antrean. Dan yang terakhir gojek juga memiliki inovasi yang tidak kalah penting yaitu untuk membantu para bisnis kecil mengelola bisnisnya dan berpastispasi dalam layanan gojek.
Kelebihan gojek:
1. Tidak perlu sibuk mencari driver ojek.
2. Harga ditetapkan berdasarkan jarak tempuh.
3. Keamanan dan kenyamanan lebih terjamin.
4. Pembayaran dapat menggunakan cash atau dompet digital.
5. Dapat dengan mudah mencari driver.
Kelemahan gojek:
1. Harus terhubung ke internet.
2. Tidak bisa memilih driver.
3. Driver di beberapa kota masih sedikit.
4. Bisa terjadi miss komunikasi.
Sumber:
=========================================================================
Inovasi SI & New Technology
Kelas : 2KA24
Kelompok 3:
1. Frans Yohanes Tambunan (10120458)
2. Geovany Nababan (10120466)
3. Marwan Nurzaid (10120624)
4. Muhammad Afif Bachtiar (10120684)
Komentar
Posting Komentar